AS-Korut Tidak Jelas, Yen Dominasi Pasar

Dolar AS masih tetap ditenggelamkan oleh Yen Jepang sampai penghujung session Asia, Senin (17/Apr) sore ini. Sepinya pasar lantaran Libur Paskah bikin gosip politik menguasai kondisi. Meningkatnya gejolak politik akibat percobaan penembakan rudal oleh Korea Utara bikin aset-aset safe-haven jadi buruan beberapa investor. Yen termasuk juga mata uang safe-haven.

USD/JPY diperdagangkan pada harga 108. 301, sesudah pernah menyentuh kisaran 108. 135 yang disebut angka paling rendah mulai sejak pertengahan November. Yen masih dibanjiri keinginan. Pada mata uang yang lain, mata uang Jepang itu juga menguasai. EUR/JPY serta GBP/JPY melorot, masing-masing diperdagangkan pada angka 115. 223 serta 135. 785.

Uncertainty Korea Utara – AS

” Tak jelas apakah kondisi di Korea Utara bakal bertambah derajatnya sebagai tindakan militer. Tetapi, ketidakpastian selalu meningkat serta Dolar selalu melemah. Dengan cara teknikal, Dolar juga terguncang sampai ke bawah MA 200-day dengan rata-rata 108. 80 yen, ” papar Masafumi Yamoto, Kepala Sisi Forex di Mizuho Securities, Tokyo, yang dikutip oleh Reuters.

Jepang adalah ” jembatan ” menuju semenanjung Korea. Tetapi, dibalik itu, status Yen Jepang sebagai mata duit safe-haven bisa terkikis jika tensi pada Washington serta Pyongyang meletup hingga jadi konflik terbuka.

Disamping itu, Presiden AS Donald Trump telah menjelaskan menarik simpati China untuk memerangi Korea Utara. Dalam cuitan di Twitter pribadinya, pada Minggu kemarin, Trump menuliskan : ” Kenapa saya mesti menyebutkan China menjadi manipulator mata uang bila mereka bekerja sama juga dengan kita dalam permasalahan Korea Utara? Kita saksikan saja apa yang bakal berlangsung! “