Awali Tahun Baru USD/CHF Merangkak Naik ke Level 1.0201

Pada sesi perdagangan awal tahun baru ini (2/1/2017) pasangan mata uang USD/CHF masih bergerak naik setelah sempat mengalami penurunan hingga menyentuh level rendah 1 bulan yang diperoleh pekan lalu. Anjloknya dollar Amerika Serikat terhadap mata uang mayor menjadi penyebab dari pelemahan pergerakan USD, pelemahan USD tersebut juga terhadap mata uang Franc Swiss. Saat berita ini ditulis, USD/CHF diperdagangkan pada kisaran harga 1.0194 dan resisten di 1.0239 dengan support level terdekat pada kisaran angka 1.0194. Dan untuk sementara ini, pasar masih fokus pada rilisnya data PMI (Prince Managers’ Index) yang akan diumumkan pada hari Selasa, 3 Januari 2017 besok.

Sedangkan pair GBP/USD mengalami penguatan ke angka 1.2352, Tahun 2017 merupakan tahun pertama Brexit bagi Negara Inggris. Mengingat Inggris berencana menjalankan artikel 50 pada Maret 2017 nanti. Untuk sementara, perdagangan GBP/USD masih terus mencoba merangkak naik dari pelemahannya semenjak awal Desember lalu. Saat berita ini ditulis, GBP/USD diperdagangkan pada level 1.2342 dan resisten sementara 1.2386 dengan support level di angka 1.2240.

Fokus market pada rilis data PMI (Prince Managers’ Index) yang akan segera diumumkan oleh beberapa negara Eropa. Seperti halnya data PMI merupakan data yang memperlihatkan kondisi perekonomian dari beberapa negara yang merilis data Prince Managers’ Index tersebut, data PMI tersebut akan merefleksikan perkembangan dari kesehatan perekonomian serta dinilai dari ekspansi dan juga kontraksi dari perindustrian Negara tersebut.