Euro Jaga Momentum Naik Pasca Reli Pilpres Perancis, Yen Melemah

Euro menguat di hari Selasa sehabis sebuah reli lanjutan yang dipicu dari hasil putaran pertama pada  pemilihan presiden Perancis, sesaat safe haven yen melemah ditengah meningkatnya risk appetite.

EUR/USD naik 0, 18% di  1, 0890 jam 14. 17 WIB, tak jauh dari puncak hari Senin di 1, 0918, tingkat paling tinggi sejak 11 November sesudah bekas menteri ekonomi bekas presiden Emmanuel Macron memenangi pada putaran pertama penentuan presiden Perancis.

Jajak pendapat, yang beberapa besar akurat dalam memperkirakan hasil putaran pertama, sudah mengindikasikan kalau Macron bakal dengan nyaman menaklukkan capres nasionalis Marine Le Pen yang skeptis dalam penentuan 7 Mei yang akan datang.

Dolar menguat pada yen, dengan kenaikan 0, 48% jadi 110, 29. Pasar tunjukkan sedikit reaksi sesudah Korea Utara lakukan latihan api yang besar pada hari Selasa di dalam meningkatnya kemelut geopolitik dengan AS.

Investor juga memerhatikan peristiwa di Washington mendekati satu tenggat saat yang memuncak untuk hindari redupnya kemampuan pemerintah serta ketidakpastian yang tengah berlangsung tentang kebijakan ekonomi.

Presiden AS Donald Trump menyampaikan pada hari Jumat kalau ” pengumuman yang besar ” akan tiba pada hari Rabu ini dalam merombak kode pajak AS. Seseorang petinggi pemerintahan menyampaikan pada hari Sabtu kalau pengumuman itu dapat terbagi dalam ” prinsip serta prioritas yang luas “.

Indeks dolar AS, yang mengukur kemampuan greenback pada perdagangan enam mata duit paling utama, ada di level 98, 89, bertahan diatas level terendah satu bulan di 98, 70 yang berlangsung pada hari Senin.