Hasil Pilpres Perancis, Membuat Euro Melesat

Euro melonjak pada hari Senin di session Asia sesudah satu hasil yang diinginkan serta hasil pilpres yang disambut baik Perancis yang bikin persaingan ketat diantara Emmanuel Macron serta pemimpin kanan Marine Le Pen.

EUR/USD melonjak 1, 33% jadi 1, 0871 sesudah meraih tertinggi lima bulan dalam semalam pada hasil pemilihan Prancis dengan Macron diprediksikan bakal memenangkan pemilihan pada 7 Mei sesudah pesaing yang dikalahkannya menawarkan dukungan. USD/JPY naik 0, 78% jadi 109, 95, sesaat AUD/USD menguat 0, 16% jadi 0, 7555.

Indeks dolar AS, yang mengukur kemampuan greenback pada enam mata duit utama, turun 0, 05% jadi 99, 66.  Dalam sepekan ke depan, perubahan politik di Prancis mendekati penentuan presiden putaran ke-2 7 Mei bakal memastikan trend euro mendekati pertemuan Bank Sentral Eropa di hari Kamis serta data inflasi zona euro pada hari Jumat.

Investor akan konsentrasi pada perkiraan awal perkembangan kuartal pertama dari Inggris serta AS pada hari Jumat. Minggu lalu, dolar melemah pada yen serta franc Swiss pada akhir Jumat lantaran investor bergerak ke aset safe haven mendekati putaran pertama pemungutan suara dalam satu penentuan presiden Prancis yang ketat.

Jajak pendapat tunjukkan bahwa calon Emmanuel Macron unggul tipis mendekati putaran pertama pungutan suara pada pemilihan presiden Prancis pada hari Minggu, dalam satu lomba empat calon yang begitu ketat.