Jelang Data PMI Update Penguatan EUR/USD Tertahan

Pada sesi awal perdagangan di tahun baru 2017 (2/1) hari ini, penguatan EUR/USD tertahan pada level tinggi sementara di angka 1.0528 pagi ini. Pergerakan harga perdagangan pasangan EUR/USD dipengaruhi oleh sentimen rendahnya volume trading dan juga penguatan dollar Amerika Serikat yang masih tertahan. Saat berita ini ditulis, EUR/USD diperdagangkan pada kisaran harga 1.0518 dengan level support 1.0477 dengan resisten sementara pada level 1.0588.

Dalam kurun waktu yang dekat ini, pasar akan mulai aktif dalam memantau update-nya data PMI (Price Manager’ Index) dari berbagai zona perdagangan Negara Eropa, mulai dari Spanyol, Perancis, Italia, jerman, dan semua bagian yang tergabung dalam Uni Eropa yang akan diupdate mulai pukul 15.15 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Sehubung dengan hasil data yang akan dirilis tersebut, apabila nanti data Prince Managers’ Index diatas 50 poin maka akan dinilai bahwa ada ekspansi perindustrian. Dan sebaliknya juga, bila data Prince Managers’ Index (PMI) dibawah dari 50 poin maka ada indikasi kontraksi dalam perekonian industri, dengan begitu mengartikan adanya penurunan terhadap kesehatan perekonomian. Data PMI (Prince Managers’ Index) yang optimis tentunya akan menopang terhadap penguatan pasangan EUR/USD ditengah Nuansa masa libur awal tahun baru ini.

Selain itu di belahan benua lain, data PMI manufaktur China yang dirilis negatif pekan kemarin memberikan pengaruh pada perdagangan AUD/USD menjadi melemah pada sesi Eropa hari ini (2/1/2017). Saat berita ini ditulis, AUD/USD diperdagangkan pada harga 0.7180 dan resisten sementara di 0.7241, level support sementara di 0.7163.