Lembaga Keuangan Dunia Mendesak Sejumlah Negara Meningkatkan Perdagangan Terbuka

Sebagian lembaga keuangan dunia pada Senin saat setempat (Selasa WIB) mendesak negara-negara di semua dunia untuk tingkatkan perdagangan terbuka lewat langkah yang inklusif. Dalam soal ini, diinginkan tidak ada negara yang mengaplikasikan system proteksionis dari faktor perdagangan.

” Peran perdagangan dalam ekonomi global ada pada saat yang kritis, “ kata laporan bersama yang di keluarkan oleh Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia, serta Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), seperti diambil dari Pada, Selasa 11 April 2017.

Penambahan integrasi perdagangan sudah membantu mendorong perkembangan ekonomi, tingkatkan produktivitas, harga yang lebih rendah serta tingkatkan standar hidup, kata laporan itu. Akan tetapi, perdagangan meninggalkan banyak individu serta masyarakat di belakang, terlebih di negara-negara maju.

Ekonomi-ekonomi ini sudah jadi tak dapat dalam mengatasi guncangan perdagangan seperti kehilangan pekerjaan, walau kehilangan pekerjaan di beberapa sektor atau daerah tertentu beberapa besar disebabkan dari perubahan tehnologi bukan dari perdagangan.

Dalam hadapi guncangan perdagangan serta tidak ada kebijakan-kebijakan sebagai langkah penanggulangan, penduduk sudah jadi lebih skeptis mengenai manfaat perdagangan terbuka, terlebih di negara-negara maju.