PLN Menambah Tiga Gardu Induk di Kalbar

PLN bangun tiga unit Gardu Induk di Propinsi Kalimantan Barat untuk menguatkan system keandalan layanan ke pelanggan.

Menurut Manajer PLN AP2B Kalimantan barat, Ricky Cahya Andrian di Pontianak, Jumat 14/4/2017, tiga unit itu yaitu GI Ngabang, GI Tayan serta GI PLTU Kalimantan barat 3 di Tanjung Gundul Kabupaten Bengkayang.

” Ketiga GI ini nanti bakal menginterkoneksikan system kelistrikan pada Kabupaten Bengkayang- Kabupaten Landak serta pada Kabupaten Landak – Kabupaten Sanggau, ” katanya.

Sedang sisstem Khatulistiwa yang sampai kini melistriki 6 Kabupaten serta Kota Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, Singkawang, Sambas, serta Bengkayang nanti akan menghubungkan Kabupaten Landak serta Kabupaten Sanggau.

” Dari Bengkayang nanti bakal nyambung ke Kabupaten Landak lewat GI Ngabang, lalu dari Landak nyambung ke Kabupaten Sanggau melaui GI Tayan, lantas dari Tayan bakal nyambung ke Siantan serta Sei Raya, ” katanya.

Jadi, kata Ricky, system Khatulistiwa nanti bakal menaikkan jalur interkoneksi tidak cuma hingga di Bengkayang saja tetapi bakal menuju ke Landak, Kabupaten Sanggau serta Pontianak.

Dikatakannya juga, untuk GI Ngabang serta Tayan sekarang ini sudah terpasang trafo sebesar 1 x 30 mVA, tetapi tahun ini juga segera bakal ditambah 1 buah trafo lagi dengan kemampuan yang sama.

Jadi keseluruhan trafo yang terpasang untuk ke-2 GI masing-masing sebesar 2 X 30 mVA. Sementara untuk GI spesial PLTU Kalimantan barat 3 bakal terpasang 2 X 65 mVA.