SBI Ripple Asia Uji Coba Blockchain Transfer Bank Jepang dan Korea Selatan

SBI Ripple Asia melaporkan akan melakukan ujicoba sistem transfer dana dengan menggunakan teknologi ledger (DLT) antara bank Jepang dan Korea Selatan pada akhir tahun ini. Diharapkan ini akan membawa era digital yang baru dalam industri perbankan.

Perusahaan patungan antara perusahaan jasa keuangan berbasis Linux dan DLT startup Ripple sudah memimpin konsorsium bank untuk menyelesaikan sebuah implementasi percontohan dengan menggunakan teknologi Ripple di Jepang awal tahun ini.

Menurut media setempat, SBI Ripple Asia sekarang akan bekerja sama dengan penyedia solusi blockchain  AI DAYLI Intelligence untuk perluasan skema tersebut ke Korea Selatan. SBI Ripple Asia berdiri pada awal tahun 2016, dengan tujuan menguatkan penggunaan produk dan layanan Ripple di Pasar Asia seperti yang sudah dilaporkan oleh CoinDesk pada sebelumnya.

Usaha ini juga merencanakan sebuah program yang akan dimulai pada bulan Oktober, untuk melatih para insinyur dari sekitar 20 perusahaan teknologi blockchain dan cryptocurrency. Perusahaan yang terlibat termasuk Nomura Research Institute, Toppan Printing dan NEC