SFC dan Securities Commission Malaysia Tandatangani Perjanjian Kerjasama Fintech

Hong Kong Securities and Futures Commission (SFC) pada hari ini (15/9) telah menandatangani sebuah perjanjian dengan Securities Commission Malaysia untuk membangun kerangka kerja dalam kerjasama dibidang teknologi keuangan (Fintech).

Securities Commission Malaysia adalah sebuah badan hukum yang dipercaya dengan tanggung jawab untuk mengatur dan secara sistematis mengembangkan pasar modal di Malaysia. Sedangkan SFC sendiri merupakan badan hukum independen yang bertugas untuk mengatur sekuritas dan pasar saham di Hong Kong. SFC juga membantu mempromosikan Hong Kong sebagai pusat keuangan internasional dan pasar keuangan utama di China, meskipun SFC dianggap sebagai badan percabangan dari pemerintahan, namun mereka dijalankan secara independen berdasarkan dengan undang-undang yang berlaku di negara tersebut.

SFC dan Securities Commission Malaysia sepakat untuk bekerja sama dalam berbagi informasi dan rujukan perusahaan inovatif yang ingin memasuki pasar satu sama lain.

“Kerja sama antara mitra pemberi peraturan di kawasan memungkinkan kami untuk mengimbangi inovasi yang cepat dalam layanan keuangan,” kata Ashley Alder, Chief Executive Officer SFC. “Kami menyambut dengan baik kesempatan untuk bekerja sama dengan Securities Commission Malaysia untuk mendukung pembangunan Fintech di kedua pasar kami.”

Kesepakatan tersebut mengikuti pembuatan Fintech Contact Point dari SFC pada tahun 2016 kemarin dan inisiatif dari Komisi Pengambilan Keputusan Malaysia pada tahun 2015 silam. Kerjasama dari kedua belah pihak tersebut dipercaya akansemakin meningkatkan perekonomian diantara kedua negara.