SFC Hong Kong Jatuhkan Hukuman Terhadap ETrade Securities Limited

Pengadilan Magistrat Timur pada hari ini mengumumkan vonis terhadap ETRADE Securities (Hong Kong) Limited (ETrade HK) lantaran melakukan pemasaran ke layanan broker publik AS Hong Kong dimana disediakan E*TRADE Securities LLC (ETrade AS) dan tidak terdaftar sebagai pemegang lisensi resmi dari Securities and Futures Commission (SFC).

Ini merupakan hukuman kriminal pertama yang djatuhkan oleh SFC terhadap suatu entitas dalam kasus pelanggaran pemasaran aktif pada Hong Kong yang mengatur segala aktivitas yang dilaksanakan di luar Hong Kong tanpa ada lisensi berdasar Securities and Futures Ordinance (SFO).

ETrade HK sendiri mengaku bersalah sebab terlebih persekongkolan dan berbuat tidak semestinya kepada ETrade AS bertindak sebagai penerima lisensi SFC padahal tidak. ETrade HK diganjar denda $ 20.000 dan mengganti rugi biaya penyelidikan SFC.

SFC menuding ETrade HK melakukan pemasaran sebagai layanan perantara ETrade AS hngga lebih dari 4 tahun lamanya sejak 11 Mei 2009 hingga 31 Januari 2014 dalam surat kabar, majalah, MTR, televisi, radio serta media online.

Atas pemasaran serta layanan pada klien ETrade AS di Hong Kong, ETrade HK tercatat mendapat keuntungan ETrade AS. Masih bisa segar dalam ingatan bahwa 2014 silam, Etrade Australia Securities Limited (Etrade) juga didenda 55.000 dolar atas pelanggaran yang diganjar oleh Markets Disipliner Panel (MDP).