SGX Index Edge Luncurkan Indeks Berjangka SGX Iron Ore

Singapore Exchange (SGX) resmi merilis Indeks Berjangka SGX Iron Ore, rangkaian indeks terbalik dengan leverage yang dihitung berdasar pada Indeks Harga Saham Gabungan SGX TSI Iron Ore CFR China (62% Fe Fines).

Hal ini sekaligus menjadi langkah awal dalam penggunaan indeks komoditas yang berbasis SGX sebagai suatu patokan bagi bermacam produk yang dapat diperdagangkan dimana mereka selanjutnya akan diberi lisensi oleh Daishin Securities Co Ltd, suatu perusahaan sekuritas serta investasi yang berpusat di Korea.

Suite ini terdiri atas 2 indeks kembalian total yang dapat dipilih para investor yaitu eksposur jangka panjang atau pendek atas pasar bijih besi bawah laut yang dipatok dengan dolar AS sebagai dasar dari komoditas berjangka SGX Iron Ore.

Kepala Komoditas SGX, William Chin mengatakan bahwa atas semakin meningkatnya permintaan bijih besi sehubungan dengan industrialisasi di penjuru dunia, khususnya di wilayah Asia, bijih besi sudah menjadi barometer kuat dalam kegiatan ekonomi global.

Sementara itu Kepala SGX Index Edge, Simon Karaban juga mengomentari indeks bijih besi ini merupakan yang pertama dan menjanjikan investor suatu media baru guna melacak serta mengakses pasar yang dinamis. Mereka juga membangun kemampuan SGX dalam hal penentuan harga bijih besi, yang dapat digambarkan dalam semakin meningkatnya likuiditas serta kedalaman komoditas bijih besi berjangka kami.