USDJPY Terpengaruh Peluncuran Rudal Korea Utara

Laju mata uang Jepang sempat mengalami pelemahan akibat minimnya sentimen fundamental negara tersebut dan melemahnya bursa Asia. Namun pada perdagangan kemarin, pasangan mata uang USDJPY berhasil mengalami penguatan. Penguatan tersebut terjadi setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistik untuk uji coba. Hal tersebut memberikan dampak positif untuk laju Yen Jepang. Walaupun Dollar AS masih kuat karena didukung oleh ekspetasi pelaku pasar terhadap rencana The Fed yang akan menaikan suku bunga.

Pasangan mata uang USDJPY mengalami koreksi 0.20% dan berada di level 113.81. menurut para analis memperkirakan bahwa pelemahan yang terjadi terhadap pasangan mata uang USDJPY karena pemerintah Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik diwilayah perairan Jepang. Akibatnya ada ketidakpastian Geoplitik yang membuat pamor Yen sebagai mata uang aman kembali meningkat

Yen Jepang memanfaatkan moment pelemahan Dollar As karena adanya aksi ambil untung. Indeks dollar yang terus meningkat membuat investor tergiur untuk meraup keuntungan besar. Ditambah dengan pernyataan The Fed yang membuat Dollar Perkasa dihadapan Greenback. Namun USDJPY masih bisa mengalami penguatan selama sepekan kedepan.

Yen Jepang saat ini masih minim sentimen dan hanya mengandalkan aksi profit taking sementara yang dilakukan oleh pelaku pasar terhadap indeks dollar. Data ekonomi Jepang masih belum bisa menopang Yen.

Analisa Teknikal

USDJPY

Harga    : 113.70 8 Mar 13:37

Pergerakan         : -24 Pips (-0.27%)

Pivot

1st Support Point             : 113.75

2nd Support Point           : 113.5280

Pivot Point          : 113.95

1st Resistance Point        : 114.17

2nd Resistance Point      : 114.3720

Indikator Teknikal

Short Term         : 20% Buy

Mid Term            : 25% Buy

Long Term           : 67% Buy

Rekomendasi    : 24% Buy