Yen Terus Melemah, Euro Stabil Tertinggi 5 Minggu

Yen safe haven melemah lagi pada hari Rabu lantaran situasi optimisme baru memberi dukungan sentimen pasar, serta euro terus stabil di dekat puncak lima setengah bulan lantaran resiko politik di Prancis berkurang.

USD/JPY naik 0, 32% pada 111, 45, jadi tambah kuat pada hari Selasa yang menguat waktu naik 1, 2%, kenaikan sehari paling besar dalam tiga bulan.

Dolar menguat mendekati pengumuman revisi pajak dalam hari ini dari pemerintahan Presiden Donald Trump AS. Ekspektasi pasar terdorong dariĀ  laporan kalau usulan reformasi pajak yang meliputi pemotongan tarif pajak perusahaan serta pajak yang lebih rendah atas pendapatan luar negeri perusahaan AS diluar negeri.

Ancaman penutupan pemerintah AS akhir minggu ini juga surut sesudah Trump menunjukkan kalau ia fleksibel menanti pendanaan yang aman untuk tembok perbatasan dengan Meksiko yang dijanjikan, dalam satu pergeseran yang bisa bersihkan jalan untuk anggota parlemen untuk meraih perjanjian.

Pedagang juga selalu mengolah kemenangan calon sentral Emmanuel Macron di putaran pertama pemilihan presiden Prancis di hari Minggu.

EUR/USD turun 0, 09% jadi 1, 0923 sesudah meraih puncak lima bulan serta setengah bulan di 1, 0949 pada hari Selasa. Pada yen, euro menguat, dengan EUR/JPY jadi tambah 0, 23% diperdagangkan pada 121, 7. Euro sudah bertambah 4% pada mata uang Jepang selama minggu ini.