Perlambatan Ekonomi Tekan Laju Dollar Kanada

Adanya kekhawatiran pelaku pasar terkait perlambatan ekonomi global, yang diperkuat dengan laporan datapenjualan ritel Tiongkok yang mengecewakan membuat investor beramai ramai memilih safe haven seperti Yen. Belum adanya kepastian membuat investor menjauh dari mata uang yang sensitif dalam harga komoditas seperti Dolar Kanada.

Beberapa analis mengatakan, jika terdapat friksi perdagangan antara Amerika dan China yang memberikan pengaruh terhadap kepercayaan berinvestasi dan berbisnis di kawasan Asia. Selain itu,konflik kedua negara tersebut masih akan berlanjut dan berpotensi memangkas proyeksi pertumbuhan global.

Selama sepekan ini Dollar Kanada terpantau mengalami beberapa pelemahan terhadap sejumlah mata uang. tidakadanya sentimen membuat mata uang Kanada tersebut tidak berdaya. Disisi lain, pertemuan The Fed memberikan dukungan kuat terhadap Dollar AS.

Dollar Kanada diperkirakan masih akan melemah terhadap Yen Jepang dalam beberapa hari terakhir mengingat masih belum adanya sentimen yang bisa mendongkrak laju the Lonie tersebut.

Sebelumnya Dollar Kanada sempatjatuh pasca pidato Dovish Gubernur BoC terkait level suku bunga untuk beberapa waktu kedepan. Hal tersebut turut memberikan tekanan terhadap laju Dolar Kanada.